Biobot, Robot Kecoa Super 'Juru Selamat' Manusia

Biobot, Robot Kecoa Super 'Juru Selamat' Manusia
InfoTechnoTerbaru - Saat bencana melanda, berbagai cara ditempuh oleh manusia untuk bisa menyelamatkan nyawa manusia sebanyak banyaknya. Uniknya, kali ini alat yang dipakai adalah kecoa. Bagaimana bisa?

Meski terdengar aneh, tetapi peneliti dari North Carolina State University tengah mengembangkan robot kecoa yang diklaim dapat menyelamatkan para korban dari sebuah reruntuhan bangunan, atau bahkan gua-gua tambang. Kecoa robot yang disebut 'biobot' ini diciptakan dengan teknologi pendeteksi suara yang super sensitif berukuran mini.


Biobot, Robot Kecoa Super 'Juru Selamat' Manusia
Peneliti berharap bila biobot dapat dimanfaatkan oleh para kru penyelamat setelah sebuah bencana terjadi, terutama untuk mencari para korban yang tengah hilang tertimpa reruntuhan.

"Tujuan kami adalah membuat biobot yang dilengkapi dengan mikrofon beresolusi tinggi untuk membedakan suara para korban, misalnya mereka yang tengah berteriak meminta bantuan, dari suara-suara yang tidak penting, seperti pipa yang bocor. Saat para korban sudah ditemukan, kita bisa mengirim biobot ke sumber suara tersebut," jelas Dr. Alper Bozkurt, pimpinan dari penelitian tersebut, PC Mag (10/11).

Dalam melakukan sebuah misi penyelamatan, akan ada beberapa unit biobot sekaligus yang digunakan. Biobot utama akan dipasangi satu buah mikrofon untuk menangkap suara beresolusi tinggi dari segala arah yang akan dikirimkan pada tim penyelamat. Kemudian, biobot lainnya yang dilengkapi dengan mikrofon sinyal bertugas menemukan lokasi dari korban.

Penyelamatan dengan cara menganalisis jenis suara dan mencari sumber suara sendiri hingga saat ini masih dipercaya sebagai metode terbaik untuk menemukan korban selamat di sebuah reruntuhan.

"Di sebuah reruntuhan gedung, suara adalah alat terbaik untuk menemukan korban selamat," tambah Dr. Bozkurt.

0 Response to "Biobot, Robot Kecoa Super 'Juru Selamat' Manusia"

Posting Komentar