Hebat Atau Serem? Ilmuwan Israel Temukan Cara Meretas Komputer Tanpa Online

Hebat Atau Serem? Ilmuwan Israel Temukan Cara Meretas Komputer Tanpa Online
InfoTechnoTerbaru - Ilmuwan Israel ternyata tidak hanya aktif dalam urusan pengembangan persenjataan militer saja. Belum lama ini mereka berhasil menemukan cara baru untuk meretas sebuah komputer tanpa perlu koneksi dunia maya.

Kita tahu bahwa hampir semua aksi hacking atau peretasan dilakukan dengan media internet, akan tetapi sepertinya ilmuwan Israel berhasil menghilangkan pembatas itu menggunakan metode yang disebut "Airhopper".

Cara hacking Airhopper sendiri memungkinkan seorang hacker untuk menyerang sebuah komputer atau mencuri data di dalamnya hanya menggunakan gelombang radio saja. Cara nya pun diklaim cukup sederhana di mana mereka hanya memerlukan sebuah smartphone yang bisa dipakai untuk radio alias mampu menangkap sinyal gelombang berfrekuensi FM.

Hal ini tentunya menjadi berita buruk bagi individu, atau perusahaan, bahkan pemerintah yang sering menyimpan data penting mereka di sebuah komputer yang sengaja tidak diberi akses online atau konektivitas jaringan lokal (LAN) supaya tidak tersentuh oleh hacker. Model atau cara pengamanan data seperti ini kerap disebut "air-gap".

Dan, para hacker dari Universitas Ben-Gurion Israel nyatanya mampu menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4 untuk mencuri data sebuah komputer dengan syarat si hacker sudah lebih dulu mampu menaklukkan firewall atau sistem keamanan dari si komputer target. Dimana nanti, Galaxy S4 digunakan sebagai penerima sinyal radio dari komputer target.

Tahapan atau langkahnya pun sederhana, sang hacker hanya perlu meninggalkan Galaxy S4 tersebut pada jarak tertentu dengan komputer target. Lalu si hacker tinggal mengirimkan virus pada smartphone tersebut untuk memungkinkannya untuk mencuri data dari komputer target lewat sinyal radio yang dipancarkan oleh kartu grafis (GPU) dari komputer tersebut.

"Metode atau modusnya adalah dengan masuk ke dalam sebuah pusat keamanan sebuah perusahaan dan meninggalkan smartphone di pintu masuk. Kemudian, secara otomatis virus akan mengunduh data dari komputer ke smartphone tersebut," ungkap Dudu Mimran, satu dari sekian ilmuwan sekaligus hacker dari Universitas Ben-Gurion, dari Daily Mail (20/11).

Walau sampai saat ini ilmuwan belum menemukan cara untuk menghentikan metode hacking Airhopper, tapi hacker sampai saat ini hanya bisa mencuri data dengan kecepatan pengunduhan yang relatif lambat, yaitu hanya 60 byte per detik. Guna mencapai kecepatan pencurian data tersebut, maka smartphone yang dijadikan perantara hack tadi juga harus diletakkan pada jarak 1 hingga 7 meter dari komputer target.

Yang lebih celaka adalah, ketika proses pencurian data lewat Airhopper dilakukan, dapat di pastikan bahwa si pemilik komputer tidak akan menyadari bila perangkatnya sedang diretas.  Serem banget ya!

Sumber: merdeka.com

0 Response to "Hebat Atau Serem? Ilmuwan Israel Temukan Cara Meretas Komputer Tanpa Online"

Posting Komentar